gold854_4798562432696713050_n

Kasus 11 Anjing – Golden Retriever di Superindo Jogja

17 Desember 2014 – Sepulang kerja dari kantor baru Oninyon ( cie… kantor baru =.= ) kebiasaan saya adalah membeli beberapa snack di supermarket untuk kemudian dimakan esok harinya pada saat jam kerja. Snack ini juga rutin saya manfaatkan jika perut sudah keroncongan namun code – code program di layar monitor masih menarik rasa penasaran untuk segera disusun dan dijalankan. Phew….. Nasib jadi seorang programer ya begini.. Enggak punya pacar, malam mingguan sama teh tawar hangat dan cemilan. Loh… kok malah curhat ?

Malam itu setelah turun dari mobil, saya mendengar suara gonggongan Golden Retriever, ya.. kebetulan suara golden sedikit berciri khas, seperti layaknya suara Pitbull yang punya ciri khas sendiri. Langsung deh keinget sama Pico, partner in crime sewaktu pertama kali saya gabung menjadi relawan di Animal Friends Jogja. Jalanlah diriku yang tambun ini menuju ke arah suara tersebut dan alamakkk…. ternyata ada 9 anjing yang berada di sana dan dalam keadaan yang sangat tidak layak untuk hidup (nantinya kita tahu bahwa awalnya ada 11 anjing, namun 1 hilang dan 1 lagi diambil oleh salah seorang korban). Di saat yang bersamaan, saya bertemu dengan beberapa orang yang memperkenalkan diri sebagai dog lovers, yang datang dengan tujuan untuk menebus anjing – anjing tersebut. Tentu saya bingung mengapa anjing – anjing ini ditebus ? Dan salah satu dari rekan tersebut menceritakan bahwa anjing – anjing ini disita oleh para korban penipuan seorang kriminal, mari sebut saja kriminal ini dengan nama Amib. Pada saat saya memfoto dan sedikit melihat kondisi anjing tersebut, ada penduduk sekitar atau mungkin tukang parkir Superindo (saya ga nanya – nanya.. masih shocked) yang bertanya apakah kami ingin membeli anjing – anjing tersebut? Teman – teman dari Dog Lovers tadi bertanya berapa harga satu anjing ini dan orang itu menjawab 5 juta, tapi bisa nego. Hmmm… saya tidak kaget dengan jumlah uang yang diminta, mengingat yang mereka tahu hanyalah ini anjing mahal dan mereka butuh uang. Tapi yang perlu digarisbawahi dan diingat bagi semua pembaca ini, entah siapapun Anda, entah apapun Anda, saya tidak setuju untuk menebus anjing – anjing tersebut. Anjing, bukanlah barang, mereka makhluk hidup, dan tidak layak menjadi barang sitaan oleh sekelompok orang, apalagi diperlakukan dengan cara seperti itu, hidup tidak layak, makan seadanya, tidak pernah jalan, makan dan pup di satu tempat, dehidrasi, dan lain sebagainya. Bagi yang tidak sependapat dan masih mengatakan bahwa ‘Yo wis to ditebus ae beres’ (Ya sudah to, ditebus aja beres), Oi…. ini bukan masalah uang saja, Bro! Tapi ini salah, melanggar hukum, dan dengan menebus, tidak ada efek jera bagi para pelaku penelantaran dan kekejaman terhadap satwa ini (KUHP 302) !!! Selama cara kekeluargaan masih bisa ditempuh, rasanya ini solusi yang lebih baik dibandingkan dengan menebus dengan uang. ‘Duit gue banyak kok!’ - ya, ya, saya tau memang saya tidak punya banyak uang… tapi ingat, ini bukan sekedar masalah nominal, melainkan lihat ke depannya, bagaimana jika kasus ini diulang – ulang dengan modus yang sama oleh para pelaku ? Siapa yang jadi korban ? ;) #ThinkTwice

18 Desember 2014 – Jam 9 pagi, ada beberapa teman yang belum saya kenal mengajak bertemu di lokasi untuk memberi makan anjing – anjing tersebut (terima kasih buat Dilla, Jenny, Stanley, dan lain – lainnya yang sudah bantu kasih makan). Berat rasanya meninggalkan pekerjaan di kantor karena ada project yang harus dikebut sebelum akhir tahun ( maaf ya Mond :b ) namun lebih berat lagi rasanya jika mengingat kondisi anjing – anjing itu. Saya berdua, dengan salah satu rekan AFJ menuju lokasi dan membuat tali tambang sementara untuk leash para doggie. Mereka kami keluarkan semua dan makan. Beberapa di antaranya tidak mau makan, terlihat jelas bahwa mereka dalam kondisi shock, stress, dan dehidrasi. Ada 1 anjing yang tidak bisa berdiri karena kepayahan. Akhirnya setelah saya letakkan 1 baskom air untuk diminum, dia mau minum! GLUK .. GLUK … GLUK… 1 baskom habis. Dan 5 menit kemudian dia kuat untuk berdiri… gosh… Begitu juga dengan golden – golden lainnya, mereka minum selama non-stop 10-15 menit nggak berhenti dan menghabiskan 1 ember besar.. Bisa dibayangkan betapa kehausannya mereka, dan rindunya mereka diberi kasih sayang serta jalan – jalan ke luar kandang yang sempit dan penuh pup itu!

PhotoGrid_1418960692594

Berdatangan pula beberapa relawan AFJ yang lain satu per satu disela semua kesibukannya dan pekerjaannya untuk membersihkan kandang – kandang itu, ajak jalan, grooming di tempat. Beberapa teman dog lovers pun katanya datang dan melihat prosesi yang berjalan itu (mbok lain kali ikut bantuin mas / mbak, relawan AFJ baik hati dan tidak sombong kok, menjurus abnormal malahan…). Terima kasih kepada semua teman relawan yang datang dan thanks juga untuk drh Andre yang sudah datang dan cek kondisi dogie di tempat serta kasih infus sebagai pertolongan pertama.

Setelah itu, karena mulai ramai, ada beberapa personil dari parkir yang mendatangi kami dan menceritakan duduk permasalahannya. Kami memperkenalkan diri dan kemudian membahas mengenai masalah tersebut. Mencari tahu duduk permasalahannya, dan singkat kata melakukan berbagai upaya agar anjing tersebut dapat diselamatkan terlebih dahulu. Mengenai detail dari permasalahannya, saya nggak mau menceritakan di sini ya. Lebih baik aib orang biar menjadi rahasia perusahaan, kan blog ini bukan infotainment. Yang penting sekarang adalah bagaimana agar anjing – anjing itu bs diselamatkan, dapat perawatan pertama dan berkelanjutan, sampai nantinya bisa terlepas / diselesaikan masalah utamanya dari para pelaku (penyita). Untuk sementara, AFJ sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para penyita agar semua anjing yang ada (9 anjing – 8 golden dan 1 mix) bisa direlokasikan dan dikeep sementara untuk diberi makan serta perawatan yang lebih layak.

Evakuasi dimulai dari jam 5 sore dan selesai jam 8 malam, semua sudah berhasil dibawa dan ditempatkan di tempat yang baru. Sampai rumah jam 10 malam dan baru sempat makan hari itu. Mau tau menu makannya? Soto vegetarian yang udah beku + nasi putih sisa T_T tapi #TetapBersyukur yang penting makan. Pagi hari ini (19 December 2014) staff AFJ memberi kabar bahwa mereka semua baik, namun beberapa ada yang pup nya masih lembek dan ada 1 golden yang drop (sudah sejak tanggal 17 malam ketika saya berkunjung kondisinya tidak sehat). Tapi penanganan sudah dilakukan dan sudah semakin membaik. Doakan saja semua semakin sehat.

IMG-20141219-WA0000

Pagi ceria bersama pasukan golden =.=

 

IMG-20141219-WA0001

Doggie yang paling parah kondisinya

 

Nah, yang perlu digaris bawahi, kasus ini belum selesai, anjing – anjing ini ada di AFJ SEMENTARA agar mereka semua bisa segera dipindah ke tempat yang lebih layak dan diberi perawatan. Perlu diingat, tenar atau disebut namanya bukan tujuan AFJ, apalagi saya (=.=”). Ketika sudah ada kasus seperti ini, yang dikhawatirkan dan yang dipikirkan ya hanya mereka – mereka yang jadi korban (baca: dalam kasus ini para anjing yang dijadikan properti). Silakan share artikel ini, tidak dicantumkan atau mau diaku – aku silakan saja, asal jangan memanfaatkan hal ini untuk menggalang donasi palsu dan berpolitik. Ok ?! Yang kedua, saya mohon kepada semua yang mengaku dog lovers, animal lovers, pemerhati satwa, pecinta, atau apapun diri kalian menyebutnya.. kesampingkan dulu ego kalian. Dalam kasus seperti ini, kolaborasi dan saling membantu adalah hal yang paling logis untuk dilakukan. Jangan suka menyelewengkan berita atau tidak mau andil dalam membantu karena keegoisan masing – masing. Saya jengah ketika ada yang bilang mau bantu tapi setelah tahu harus sedikit repot lalu berdalih “kan sudah diurus AFJ…” ! Oh, please ! Kita ini sama seperti Anda.. cm sekumpulan manusia yang sama – sama punya otak, darah, dan daging. Kalau memang niatnya bantu, bantulah.. komunikasikan dengan AFJ, apa yang mau Anda bantu, apa yang bisa Anda perbuat, itulah gunanya mulut untuk bicara, Internet untuk kirim email, dan otak untuk berpikir. Satu lagi, fisik Anda untuk bertindak. Clear ?

Mohon maaf juga untuk teman – teman yang sering sewot jika admin AFJ balas emailnya lama, balas inbox FB nya lama, etc. Kerjaan utama AFJ kan bukan balas email dan inbox saja, orangnya ya itu – itu aja dan kebanyakan relawan kami juga punya pekerjaan yang menuntut mereka untuk bekerja pada jam bekerja / masuk kelas. Kalau kita balesin email dan inbox terus, kapan kerjanya? Maka dari itu, saya mohon, supaya gak salah paham, email lah AFJ selalu ke email animalfriendsjogja@gmail.com dan utarakan maksud / tujuan secara jelas, pasti butuh waktu untuk membalas dan memproses nya. Di rumah singgah sendiri ada belasan anjing dan puluhan kucing yang berkebutuhan khusus, mereka juga butuh perawatan extra ^^ Okay ?

Mau WA saya boleh, PM boleh, tapi kalau nggak dibalas cepat atau cuma dibaca dulu jangan mikir macem2, karena saya juga pny pekerjaan dan prioritas yg harus dijawab dulu ( keluarga, teman dekat, rekan, calon pacar yang belum terlihat batang hidungnya.. oops !, dan masih banyak lagi lainnya… )

 

So, What’s Next ?

Bagi para individu dan animal lovers (organisasi/komunitas) yang ingin membantu, silakan email AFJ untuk berkolaborasi dan bertemu secara langsung. Lebih cepat lebih baik.

Bagi teman – teman peduli satwa yang mau menjadi relawan dadakan dan kasih makan / ajak jalan, mohon kirimkan email juga ke AFJ disertai maksud kedatangan, fotocopy identitas diri (KTP), dan juga penjelasan kapan akan berkunjung & berapa orang. Nanti email Anda akan dibalas dan Anda akan diminta mengisi sedikit form, hanya formalitas.

Buat yang hanya mau tengok atau lihat, mohon maaf, untuk saat ini belum bisa karena kerepotan yang ada.

Sekali lagi AFJ tetap membutuhkan bantuan dari teman – teman semua, baik berupa dana maupun barang ataupun tenaga. Yang bilang AFJ ga butuh donasi, berarti mungkin lagi nyabu, tidur sambil salto, atau simply salah baca.

Ini wishlist barang yang dibutuhkan untuk sementara:

  • Makanan anjing
  • Dog Food a/d dan l/d
  • Obat – obatan basic
  • Vitamin
  • Mangkuk makan
  • Leash
  • Kalung
  • Handuk
  • Alas tidur anjing
  • Snack (optional)
  • apa lagi ya ? sementara itu dulu yang terpikir ….

 

Selain itu juga diperlukan dana untuk keperluan sehari – hari serta tes berikut untuk masing – masing anjing:

  • Cek Darah Rutin.
  • Cek Heartworm
  • Cek Parvo

OPEN DONATION (DONASI)

Donasi berupa UANG dapat disalurkan melalui rekening berikut:

  • Rekening BCA (Bobby Fernando) – 037 258 1377
  • Rekening BNI 46 (Animal Friends Jogja – Sahabat Satwa Jogja) – 024 883 8020

Donasi berupa BARANG dapat disalurkan ke alamat berikut (mohon janjian personal terlebih dahulu)

  • Area Jakal – relawan AFJ – Nofri – 081807922397
  • Area Selatan – DoggyHouse – Senin s.d Jumat – Jam 11 s.d jam 5 sore – Jl. Nogosari 1B, Patehan, Kraton – Telp : 0274-378002 | SMS/WhatsApp : 08122698078

Untuk donasi BARANG, mohon cantumkan nama pengirim donasi dan alamat email ya untuk dikirimi ucapan terima kasih dari AFJ.

Setelah donasi, mohon send notice (pemberitahuan) via email ke donation@animalfriendsjogja.org , cc ke animalfriendsjogja@gmail.com dengan subject: “Donasi Golden” disertai nama Anda, nomor handphone, kirim ke rekening apa, dan berapa jumlahnya agar lebih terdata. Mohon dilakukan ya agar dana yang masuk bisa dibedakan dengan dana untuk kebutuhan yang lain.

Sementara hanya itu update yang bisa saya berikan. Untuk perkembangan selanjutnya, dimohon ikuti Blog AFJ atau Facebook AFJ.

 

note: Superindo tidak ada sangkut pautnya dengan kasus ini. Hanya kebetulan saja lahan parkirnya dimanfaatkan oleh orang – orang penyita anjing tersebut.

 

Best regards,

Bobby Fernando

 

Facebook Comments

comments

  • Indomuze

    Well done Bob n relawan AFJ… yang mau bantu bener bener want to help, silahkan kontak AFJ, yang hanya mau berdiri dan diskusi, stand and talk or look, sorry, nggak ada waktu (AKA no time for that..)

  • Zulkarnain Saleh

    bagusnya yang sehat bisa langsung open adopt… biar AFJ bisa lebih berfokus pad yang sakit dan masalah lebih cepat terselesaikan…

  • ari utami

    mudah2an sy bisa bantu utk donasi sedikit barang dr Bali…dan jika di perbolehkan daftar utk calon adopter

  • Arina Zulfa Arifah

    Superindo mana sih? beneran gak ada hubungan sama Superindonya mas? maksudku kalau ada hubungan sama Superindo kan bisa di nego langsung ke Superindo

  • Priambodo Budiwasisto

    setiap hari saya ke superindo jl. sudirman yogya tapi gak ketemu anjing2 golden ini…